Program Visiting Professor : Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kapasitas Akademik, Penelitian, Kolaborasi di Bidang Agripreneur Digital dan Ketahanan Pangan

Surabaya, 28 Agustus 2024 – Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur dengan bangga mengumumkan pelaksanaan program Visiting Professor yang dilaksnakan pada tanggal 28 Agustus 2024 di Hotel Novotel, Surabaya dengan tema “Digital Agripreneurs and Food Security: Collaboration for a Sustainable Future”. Program ini bertujuan untuk memperluas wawasan akademik dan mempererat kolaborasi internasional melalui kehadiran para akademisi ternama dari berbagai belahan dunia. Hal ini sesuai dengan indikator kinerja utama (IKU) 6 dengan meningkatkan kolaborasi antara program studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur dengan Universitas Putra Malaysia melalui kegiatan tersebut

Dalam kesempatan kali ini, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur menyambut Prof. Dr. Norsida Man, seorang ahli dalam Agriculture Extension, Agribusiness, Agriculture Development and Agriculture Economics and Management dari Universiti Putra Malaysia. Bukan hanya Prof. Dr. Norsida, Dr. Nurul Nadia Ramli, seorang ahli dalam bidang ekonomi pertanian juga dihadirkan untuk memberikan materi mengenai Innovating Digital Platforms for Safe Vegetables: The Role of Consumer Willingness to Pay in Shaping Business Strategies. Keduanya akan diminta untuk menyampaikan kuliah tamu, memimpin seminar, serta berkolaborasi dalam penelitian dengan para akademisi lokal.

“Program Visiting Professor merupakan bagian penting dari strategi kami untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Jawa Timur. Kehadiran Prof. Dr. Norsida Man dan Dr. Nurul Nadia Ramli diharapkan dapat memberikan wawasan baru dan memperkaya pengalaman akademik bagi mahasiswa dan staf pengajar kami,” ujar Wakil Dekan II yang mewakili Dekan Fakultas Pertanian UPN ”Veteran” Jawa Timur, dalam sambutannya.

Selama masa kunjungannya, Prof. Dr. Norsida Man dan Dr. Nurul Nadia Ramli akan mengadakan kuliah umum mengenai topik-topik terkini mengenai digital agripreneur dan food security. Selain itu, beliau juga akan terlibat dalam proyek penelitian bersama dengan tim peneliti di Fakultas Pertanian. Sehingga keluaran yang dihasilkan selama kegiatan berupa Roadmap Penelitian serta proposal peneliltian kolaborasi yang akan dilaksanakan oleh dosen – dosen Fakultas Pertanian dengan berkolaborasi dengan kedua Professor.

Pelaksanaan program Visiting Professor ini diharapkan dapat memperkuat posisi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur sebagai pusat unggulan dalam penelitian dan pendidikan tinggi serta membuka peluang baru bagi kolaborasi internasional yang produktif.