Academic Mobility : Fatoni University, Thailand

Fatoni University merupakan perguruan tinggi yang berada di daerah Patani Thailand. Delegasi dari UPN Veteran Jawa Timur disambut oleh para pimpinan kampus Fatoni University. Kegiatan ini dibuka oleh salah satu perwakilan dari Fatoni University yaitu Dr. Abdullah selaku pihak Kerja sama Internasional dari Fatoni University. Setelah itu dilanjutkan Sambutan oleh salah satu perwakilan dari delegasi UPN Veteran Jawa Timur yaitu Prof. Dr. Ir. Syarif Imam Hidayat, MM selaku ketua Jurusan Agribisnis. Point – Point yang disampaikan adalah mengenai tujuan berkunjung ke kampus Fatoni University yaitu tentang Kerjasama dalam bentuk MoA dan Joint Research. MoA yang digagas oleh Program studi Agribisnis UPN Veteran Jawa Timur bertujuan untuk menambah jumlah Kerjasama Internasional dalam mendukung internasionalisasi yang telah dimiliki oleh program studi Agribisnis dalam bentuk FIBAA.

Kerjasama dan Kolaborasi Riset ini disambut baik oleh Fatoni University dan Fatoni University merasa terhormat telah dipilih menjadi salah satu Universitas yang diajak untuk berkolaborasi. Kegiatan selanjutnya dilanjutkan dengan diskusi topik riset dan pembagian tugas. Riset telah disepakati dengan membentuk tim riset yang beranggotakan 5 orang yaitu Perwakilan UPN Veteran Jawa Timur Sebanyak 3 orang dan Perwakilan Fatoni University sebanyak 2 orang. Pembentukan tim riset ini bertujuan agar memudahkan komunikasi dan telah disesuaikan dengan keahlian dalam menunjang Topik Riset yang dipilih. Topik Riset yang dipilih adalah Land Resources Management to Strengthen Food Security. Alasan mengapa disepakati topik ini karena isu ini masih sangat hangat untuk didiskusikan terutama berkaitan dengan Keamanan pangan. Melihat Negara Thailand merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang memiliki Pertanian yang baik dan begitu juga dengan Negara Indonesia yang meruapakan negara Agraris.

Selain membahas tentang Joint Riset atau Kolaborasi Riset, Jurusan Agribisnis juga menyiapkan perjanjian kerjasama (MoA) yang akan ditandatangani oleh kedua belah pihak yaitu Prof. Dr. Ir. Syarif Imam Hidayat, MM perwakilan dari UPN Veteran Jawa Timur dan Asst. Prof. Muhamadaree Waeno, S.E., M.Si perwakilan dari Fatoni University. Kunjungan ini diakhiri dengan pemberian Cinderamata dari masing – masing Universitas dan dilakukan foto Bersama.