Academic Mobility: Yala Rajabhat University, Thailand

Perjalanan Agribisnis dalam rangkaian kegiatan Academic Mobility di Thailand tidak hanya di Fatoni University. Delegasi UPN Veteran Jawa Timur melanjutkan ke salah satu kampus Negeri di Thailand yaitu Yala Rajabhat yang berlokasikan di daerah Yala Thailand. Kedatangan Delegasi UPN Veteran Jawa Timur disambut sangat baik oleh pihak Pimpinan Yala Rajabhat University yaitu Wakil President dan Seluruh jajaran Dekan Fakultas di Yala Rajabhat University. Kegiatan diskusi dimulai dengan sambutan oleh pihak Wakil Presiden Yaala Rajabhat University. Beliau menyampaikan bahwa kedatangan kami UPN Veteran Jawa Timur ke Yala Rajabhat University akan menambah relasi dengan negara Indonesia, karena Yala Rajabhat University telah banyak menjalin Kerjasama internasional dengan beberapa kampus besar di Indonesia. Selanjutnya sambutan dan sekaligus ucapan terimakasih disampaikan oleh Dr. Noor Rizkiyah selaku Sekretaris Jurusan Agribisnis dan sekalgius Delegasi dari UPN Veteran Jawa Timur. Tujuan dari kunjungan kami yaitu selain untuk menjalin Kerjasama Internasional, kami juga ingin menawarkan tentang Kolaborasi Riset.

Diskusi Intens kurang lebih 2 jam membuahkan hasil yaitu kami membentuk tim Riset antara Fakultas Pertanian UPN Veteran Jawa Timur dan Fakultas Management Science Yala Rajabhat University. Kelompok Riset yang dibentuk merupakan perwakilan dari kedua belah pihak, dimana 3 diantaranya merupakan delegasi dari UPN Veteran Jawa Timur dan 2 diantaranya merupakan delegasi dari Yala Rajabhat University. Topik Riset yang disepaati yaitu The Influence of Availability and Price on The Purchase Decision of Refined Sugar in The Traditional Market dan The Influence of Availability and Price on The Purchase Decision of Refined Sugar in The Traditional Market.

Adapun beberapa rekomendasi yang tercatat dalam diskusi agar MoA atau Kerjasama ini tidak hanya dalam bentuk Joint Riset melainkan dalam bentuk kegiatan Tri Dharma yang lainnya mencakup Pembelajaran dan mungkin Pengabdian Masyarakat. Pihak Yala Rajabhat University menyampaikan bahwa Universitasnya akan membuka pintu Kerjasama dalam bentuk lainnya yang mungkin dapat dikerjakan dalam beberapa tahun kedepan secara konsisten dan memberikan manfaat terhadap 2 kampus khususnya antara Fakultas Pertanian UPN Veteran Jawa Timur dan Yala Rajabhat University.