Terobosan Baru! Mahasiswa Agribisnis Magang Mandiri MBKM Sosialisasikan Pemanfaatan Tebu Hitam  untuk Kesehatan dan Bisnis

Terobosan Baru! Mahasiswa Magang Mandiri Sosialisasikan Pemanfaatan Tebu Hitam untuk Kesehatan dan Bisnis

Mahasiswa Agribisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur melaksanakan Magang Mandiri MBKM pada hari Selasa 28 Mei 2024 di LMDH Wana Lestari dalam upaya pemanfaatan tanaman tebu hitam. Mahasiswa menggelar sosialisasi terkait pemanfaatan tebu hitam untuk kesehatan dan peluang bisnis.  Tujuan diadakannya kegiatan sosialisasi untuk mengedukasi masyarakat terkait inovasi suatu  produk yang dapat dijadikan peluang bisnis.

Inovasi terbaru menggunakan tebu hitam sebagai bahan dasar minuman, di mana sari tebu ini  dapat disajikan dengan tambahan teh lemon. Perpaduan dengan teh lemon tidak hanya tetap  mempertahankan keaslian cita rasa tebu hitam, tetapi juga memberikan sentuhan segar yang  unik pada minuman tersebut.

“Tebu hitam merupakan salah satu komoditas yang belum terlalu di explore manfaat, khasiat,  serta peluang bisnisnya. Sosialisasi ini dapat menambah pengetahuan anggota LMDH Wana  Lestari yang diharapkan bisa menjadi gebrakan baru yang bisa diterapkan” kata Rico Yanuar  Ardiansyah.

Mahasiswa menggelar sosialisasi pemanfaatan tebu hitam untuk kesehatan dan peluang bisnis  pada Selasa, 28 Mei 2024 di rumah Bapak Markat selaku Ketua LMDH Wana Lestari, Desa  Kedukbumbem, Mantup, Lamongan. Kegiatan sosialisasi dihadiri oleh sejumlah 17 anggota  LMDH Wana Lestari, selain itu sosialisasi ini juga dihadiri oleh perwakilan KPH Mojokerto  Bapak Soelistyatno, beserta KRPH Mantup Bapak Harlin dan KRPH Babadan Bapak  Suwantah. Tema yang diangkat pada kegiatan sosialisasi ini yaitu Potensi Tebu Hitam untuk  Kesehatan dan Bisnis. 

Menurut Bapak Markat selaku ketua LMDH Wana Lestari, “Saya sangat mengapresiasi para  mahasiswa yang telah memberikan pengetahuan baru terkait tebu hitam. Selama ini, tebu hitam  hanya dikenal sebagai komoditas untuk ritual dan kurang dimanfaatkan dalam hal kesehatan  serta potensi bisnis”. Anggota LMDH Wana Lestari menyampaikan persetujuan akan tips dan trik terkait tebu hitam  sebagai peluang bisnis yang diberikan mahasiswa kepada mereka.

Para mahasiswa berharap hal ini dapat diimplementasikan dengan baik agar penjualan dan  penanaman tebu hitam dioptimalisasikan dengan baik. Hal ini akan memberikan keuntungan  yang maksimal bagi para petani setempat.