SINERGI EDUKASI DAN BISNIS: KONTRIBUSI MAHASISWA AGRIBISNIS UPN VETERAN JAWA TIMUR DALAM PENGEMBANGAN PANGAN SEHAT DI PT ORGO ORGANIC FARM INDONESIA

Malang, Juni 2025 – Sebanyak enam mahasiswa Agribisnis UPN “Veteran” Jawa Timur melaksanakan kegiatan magang di PT Orgo Organic Farm Indonesia.  PT Orgo Organic Farm Indonesia adalah perusahaan nasional yang bergerak di bidang pertanian organik terpadu dengan fokus utama pada penyediaan produk pangan sehat, ramah lingkungan, dan berkualitas tinggi. Didirikan dengan visi menciptakan sistem pangan berkelanjutan, perusahaan ini memanfaatkan teknologi pertanian organik, seperti biopestisida alami, kompos padat dan cair (POP & POC) efisien. Perusahaan ini telah mengembangkan lebih dari 30 jenis produk organik, yang meliputi sayuran segar (bayam, selada, kale), buah organik, herbal, serta benih tanaman.

PT. Orgo Organic Farm Indonesia memasarkan produknya di pasar modern Kota Malang, selain itu perusahaan ini juga memasarkan produknya melalui media sosial berupa WhatsApp, Facebook, dan Google Maps. Perusahaan ini juga menjalin kerja sama dengan petani lokal dalam program pendampingan organik, guna memastikan kualitas dan keberlanjutan dari hulu ke hilir. Kegiatan bisnis dan kerja sama yang dijalankan perusahaan ini memberikan ruang pembelajaran langsung bagi mahasiswa. Mahasiswa dapat terlibat secara nyata dalam rantai nilai agribisnis melalui lingkungan yang aktif memasarkan produk ke berbagai saluran dan membina petani lokal.

Mahasiswa Agribisnis UPN ‘Veteran’ Jawa Timur mengimplementasikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan mengikuti kegiatan magang intensif di PT Orgo Organic Farm Indonesia. Program ini dilaksanakan pada tanggal 25 Februari sampai 6 juni, yang dirancang agar mahasiswa tidak hanya belajar secara teoritis, tetapi juga memahami secara langsung bagaimana proses pertanian organik dilakukan mulai dari produksi hingga distribusi.

Program magang MBKM di PT. Orgo Organic Farm Indonesia melibatkan mahasiswa dalam berbagai kegiatan yang meliputi budidaya tanaman organik yang mencakup pengolahan lahan, penanaman tanpa pestisida kimia, serta pengelolaan pupuk organik. Mahasiswa juga dilibatkan dalam kegiatan pemasaran dan branding produk yang meliputi perancangan konten promosi digital untuk meningkatkan penjualan melalui media sosial dan marketplace. Kegiatan ini menjadi ajang transfer ilmu dua arah, di mana mahasiswa tidak hanya menyerap ilmu dari perusahaan, tetapi juga menyumbang gagasan, tenaga, serta kritik dan saran untuk pengembangan bisnis.

Kontribusi mahasiswa dalam kegiatan magang ini turut memperkuat sinergi antara dunia pendidikan dan dunia usaha, sekaligus berperan aktif dalam mewujudkan tujuan SDGs poin 3: Good Health and Well-being — menjamin kehidupan yang sehat dan mendorong kesejahteraan bagi semua orang. Mahasiswa berkontribusi nyata terhadap peningkatan kualitas hidup dengan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya konsumsi pangan organik dan mendukung distribusi produk sehat.Pemilik PT Orgo Organic Farm Indonesia, Jasmito, menyampaikan harapannya, “Saya menyambut baik kehadiran mahasiswa magang supaya mereka belajar realita dilapangan dengan materi yang mereka pelajari selama berkuliah. Saya berharap kolaborasi ini tidak hanya meningkatkan kapasitas mereka sebagai mahasiswa agribisnis yang nantinya sebagai penerus di industri ini, tetapi juga memperkuat komitmen bersama dalam membangun pertanian organik Indonesia yang sehat, inovatif, dan berkelanjutan.”