Dosen Agribisnis UPN Veteran Jawa Timur Tingkatkan Kualitas dan Kompetensi di PT. Aneka Tuna Indonesia

Dosen Program Studi Agribisnis UPN Veteran Jawa Timur melaksanakan kegiatan Dosen Magang Industri di PT. Aneka Tuna Indonesia (PT. ATI) pada 5 Agustus 2024- 14 Agustus 2024. Kegiatan ini merupakan salah satu sub kegiatan dari pelaksanaan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM). Dosen yang mengikuti kegiatan tersebut yaitu Pak Risqi Firdaus Setiawan, SP., MP., Bu Nisa Hafi Idhoh Fitriana, SP., MP. dan Pak Fatchur Rozci, S. Agr., M. Agr.

Selama 10 hari beliau belajar mengenai kegiatan industri di PT. ATI, mengenai saluran pemasaran produk, jenis-jenis produk yang diproduksi dan dipasarkan, Menurut Pak Ukit Tanto selaku Marketing Support PT. ATI, produk yang diproduksi di PT. ATI 98% diekspor ke luar negeri, produknya tersebar di Eropa, Amerika, Timur Tengah dan Asia.

Penerapan quality control dalam produk yang diproduksi secara ketat, menurut Pak Yoshi sebagai Head of Quality Control PT. ATI bahwasannya PT. ATI menjamin kualitas produk berdasarkan standar dan regulasi yang dimiliki perusahaan seperti SNI, Dolphin Safe, BPOM, Halal Indonesia, BRCGS, HACCP, dan OU (Ortodocs Union) Kosher.

Proses dan alur pengadaan bahan baku produksi ikan tuna menurut Bu Murni selaku Bagian Purchasing PT. ATI mengungkapkan bahwa terdapat 19 mitra perusahaan yang bermitra untuk memenuhi kebutuhan perusahaan terkait pengadaan ikan tuna. PT. ATI juga memastikan bahwa ikan yang diproses untuk produksi ikan tuna kaleng sudah memenuhi standar yang ditetapkan perusahaan.

Dosen Agribisnis mendapatkan wawasan baru dan bisa memberikan gambaran kepada mahasiswa dikelas mengenai industri perikanan khususnya Pengalengan Ikan Tuna.