Melalui Program MSIB, Mahasiswa Belajar Amazon Web Service (AWS) untuk Menghadapi Perkembangan Teknologi di Era Digitalisasi

Teknologi seiring bertambahnya waktu semakin berkembang. Dari teknologi yang bersifat analog ke teknologi yang bersifat digital. Apalagi di era modern yang semakin hari semakin maju ini, teknologi digital sering kita jumpai di berbagai bidang. Berbagai industri mengandalkan teknologi untuk mendukung jalannya operasional. Keterampilan terhadap teknologi semakin dibutuhkan oleh perusahaan untuk mengoptimalkan sumber daya yang mereka miliki agar lebih efisien dan efektif.

Amazon Web Service (AWS) merupakan teknologi modern dengan layanan komputasi yang diadopsi oleh Amazon secara luas di dunia. Hadirnya AWS membantu perusahaan menjalankan perusahaan lebih efisien dan efektif dalam menghadapi dunia modern yang serba digital dan cepat. AWS menawarkan rangkaian layanan kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran machine learning (ML). Menurut penelitian AWS, yang disampaikan oleh Emmanuel Pillai, Head of Training and Certification, ASEAN, AWS, menyampaikan bahwa, keterampilan dan keahlian AI dibutuhkan oleh perusahan. Menurut penelitian ini keterampilan AI sangat penting bagi tenaga kerja di masa depan, mulai dari layanan keuangan hingga konstruksi dan ritel. Mahasiswa yang memiliki keterampilan tersebut berpotensi menjadi incaran perusahaan.

Melalui keikutsertaan program Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB), mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur dapat mempelajari Amazon Web Service (AWS) yang berkolaborasi dengan RevoU tanpa mengeluarkan uang sedikitpun. Program CendekiAwan – AWS Cloud Data Engineer and Gen AI Track Powered By RevoU memberikan modul pembelajaran sebagai berikut:

1. Introduction to Data Analytics

2. AWS Cloud and Data Warehouse

3. Databases on AWS

4. Data Visualization and Data Communication

5. Gen AI

Pembelajaran dilakukan 100% online selama kurang lebih 5 bulan. Mahasiswa belajar dengan metode pembelajaran secara mandiri dengan video, teks, hands on lab melalui website AWS skill builder, game based learning di AWS Cloud Quest, kelas online dan workshop bersama mentor dan instruktur. Ilmu yang sudah dipelajari akan diaplikasikan dengan peer to peer discussion, pengerjaan studi kasus yang dilakukan secara berkelompok dengan didampingi dan dibantu oleh mentor yang berpengalaman di bidangnya.

Putri Wahyu Pebrianti, mahasiswa Program Studi Agribisnis UPN “Veteran” Jawa Timur bersama anggota tim lainnya mengambil studi kasus US Residential Market Analysis. Data studi kasus diambil dari Kaggle berupa dataset real estate 2009-2019. Cara pengerjaan studi kasus dilakukan sesuai dengan dunia kerja sebenarnya. Pengerjaan dimulai dari memahami dataset yang ada, menentukan problem statement dengan metode SMART, mempersiapkan data dengan melakukan cleaning data kemudian menganalisis data tersebut, memvisualisasikan data, memberikan kesimpulan dan insight dari problem statement. Hasil dari pengerjaan tersebut menghasilkan insight recomendation untuk US residential real estate Investors. Hasil pengerjaan studi kasus tersebut dipresentasikan dalam bentuk powerpoint dengan visualisasi dan komunikasi data yang baik agar orang lain dapat memahami dengan baik data kita.

“Pengerjaan studi kasus membantu saya untuk lebih memahami ilmu yang sudah saya pelajari saat program berlangsung, apalagi bidang ini merupakan bidang yang bertolak belakang dengan program studi yang saya ambil dan masih asing bagi saya. Pendampingan oleh mentor berpengalaman untuk pengerjaan studi secara detail menjadikan saya mengetahui gambaran dunia pekerjaan sebenarnya dan membantu saya untuk lebih siap terjun di dunia kerja nantinya.” ujar Putri. Mahasiswa mendapatkan sertifikasi apabila lulus dalam pengerjaan course dan tugas. Dengan adanya sertifikasi tersebut memberikan potensi bagi mahasiswa untuk menjadi incaran perusahaan.