Agroforestri dan Kemitraan Produktif di Perum Perhutani KPH Malang

Malang, 10 Juni 2024 – 4 orang mahasiswa dari Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur melaksanakan kegiatan magang  mandiri di PERUM PERHUTANI KPH Malang yang diwadahi dalam program magang generasi  bertalenta (MAGENTA). 4 orang mahasiswa tersebut adalah M. Ardian Permana Putra (191),  Melinda Bilqis (201), Kenny prizky Purba (224), dan Fifi Nur Faizah (231). Kegiatan Magang  mandiri ini dirancang untuk bisa memberikan kesempatan belajar secara langsung bagi mahasiswa  dibidang yang ingin mahasiswa kembangkan. Mahasiswa yang berkesempatan mengikuti kegiatan  magang mandiri di Perum Perhutani KPH Malang selama kegiatan magang berlangsung mulai dari  12 Februari – 28 Juni 2024 didampingi oleh mentor-mentor yang profesional. Kegiatan magang  mandiri tersebut berlangsung secara WFO (Work Form Office) di Kantor Perhutani KPH Malang  tepatnya di Jl. Dr. Cipto No.14, Rampal Celaket, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.

Perum Perhutani merupakan perusahaan milik negara Indonesia yang bertanggung jawab atas  pengelolaan hutan di Pulau Jawa dan Madura. Perum Perhutani memiliki tugas utama untuk  mengelola kawasan hutan negara secara lestari dan berkelanjutan, dengan tujuan melindungi,  melestarikan, dan memanfaatkan sumber daya hutan untuk kesejahteraan masyarakat. Kesatuan  Pemangkuan Hutan (KPH) Malang adalah unit operasional di bawah Perum Perhutani yang  bertanggung jawab atas pengelolaan hutan di wilayah Malang, Jawa Timur. KPH Malang  mengelola kawasan hutan di wilayah tersebut dengan tujuan utama untuk memastikan  keberlanjutan, kelestarian, dan pemanfaatan optimal sumber daya hutan.

Magang mandiri sebagai staff agroforestry dan kemitraan produktif ini mahasiswa diberikan  pembelajaran mengenai Memahami konsep dasar agroforestri, sejarah agroforestri, prinsip-prinsip  agroforestri, mempelajari manfaat ekologis, ekonomi, dan sosial dari sistem agroforestri,  mempelajari cara memilih spesies pohon dan tanaman yang sesuai untuk sistem agroforestri  tertentu, Mengetahui Teknik-teknik pembibitan, perbanyakan tanaman, dan penanaman pohon dan  tanaman lainnya, Teknik manajemen hutan kecil seperti penjarangan, pemanenan berkelanjutan,  dan pengelolaan sisa hasil panen.Teknik-teknik untuk melibatkan masyarakat lokal dalam  pengembangan dan pengelolaan proyek agroforestry, dan diberikan kesempatan bertemu dengan mitra agroforestry yang melakukan kerja sama dalam bidang agroforestry dengan perhutani KPH  Malang. 

Tidak hanya belajar mahasiswa dituntut untuk mampu mengembangkan potensinya di kantor  maupun dilapangan dengan melakukan kegiatan penggunaan aplikasi agroforestry milik perhutani,  melakukan kegiatan tanya jawab selama pembelajaran langsung dihutan dan di kantor, dan juga  melakukan kegiatan pemaparan mengenai hasil yang di dapat selama di lapangan. Selain itu  mahasiswa diberikan tugas khusus berupa pelaporan jumlah petani yang melakukan kegiatan mitra  dengan perhutani.