Peran Mahasiswa dalam Upaya Pengembangan Agrowisata Tanjung Lesung

Mahasiswa Agribisnis Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Jawa Timur melakukan mendapatkan  kesempatan untuk mengikuti kegiatan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam  skema Magang dan Studi Independen Sertifikat. Kegiatan ini dilakukan dengan mitra PT.  Kawasan Industri Jababeka Tbk, tepatnya dengan anak perusahaan PT. Banten West Java dalam  upaya pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung.

Achmad Alifio Firdaus Ashari, mahasiswa program MSIB pada divisi Agriculture Specialist  ikut serta dalam mengembangkan pertanian di wilayah Tanjung Lesung, khususnya adalah  upaya pengembangan agrowisata yang dikelola oleh PT. Banten West Java. Pengembangan  lahan agrowisata ini dihususkan dalam dua project utama, yaitu lahan Petai Hill dan  D’Tanduran.

Selain upaya pengembangan agrowisata tersebut, bersama perusahaan melakukan sinergitas  untuk upaya penguatan Sinergitas antara perusahaan dengan masyarakat. Upaya penguatan  sinergitas ini dilakukan dengan kolaborasi dengan Badan Penyuluh Pertanian (BPP)  Panimbang dalam kegiatan pelatihan dan penyuluhan petani lokal guna meningkatan kapasitas  petani dalam melakukan kegiatan usaha tani. 

Mentor dari kegiatan Magang Sertifikat Divisi Agriculture Specialist mengatakan “Penguatan  sinergitas semacam ini sangat baik. Ya mengingat kita kan dalam upaya pengembangan di  wilayah mereka, harapannya dengan adanya kegiatan seperti ini dapat sebagai bentuk untuk  merangkul masyarakat dalam tujuan pengembangan dan penguatan ekonomi lokal sehingga  tidak ada lah nanti yang dirugikan atas upaya pengembangan ini” Mentor juga berpesan dan  berharap lebih banyak mahasiswa yang turut andil dan berperan aktif dalam kegiatan magang  sehingga seluruh bentuk pekerjaan dan pengembangan di wilayah Tanjung Lesung dapat  bersifat keberlanjutan.