Mahasiswa Magang Mandiri Terapkan Strategi Pemasaran Inovatif  Benih Jagung Manis MADU-59 F1 PT Advanta Seeds Indonesia

Mahasiswa jurusan agribisnis UPN “Veteran” Jawa Timur melaksanakan magang mandiri di  PT Advanta Seeds Indonesia mulai dari Selasa, (5/02/2024) sampai (5/05/2024). HRD PT Advanta  Seed Indonesia menjelaskan bahwa “Selama masa magang, kami bertiga dibedakan  penempatanya: Rinawati Dewi di kantor PT Advanta Seeds Indonesia yang berlokasi di Pasuruan  dengan pembimbing Laeli Nur Fajri sedangkan Muhammad Ridwan dan Damar Prakoso tempat  pelaksanaanya di Malang dengan pembimbing Gigih Rio Agazi sebagai sales dan marketing lapang”. 

“Strategi pemasaran ini dilakukan di Kecamatan Karangploso, Malang Jatim, strategi yang  diterapkan meliputi one day promotion, farmer meeting dan field trip. Setiap kegiatan promosi  yang digunakan memiliki tujuan yang sama namun dengan sistem penerapan yang berbeda” Kata  Rinawati Dewi, Salah satu Mahasiswa UPN “Veteran” Jatim yang disampaikan, Selasa (16/4/2024). 

One day promo merupakan kegiatan promo yang dilakukan selama satu hari dengan  memberikan merchandise pada setiap pembelian benih jagung manis MADU-59 F1. “One day  promotion telah dilakukan mahasiswa UPN “Veteran” Jatim di Toko Pertanian Tani Mulyo dengan  memberikan merchandise berupa memberikan minyak goreng 1 liter pada setiap pembelian 2 pack  benih jagung manis MADU -59 F1” kata Muhammad Ridwan, Salah satu Mahasiswa UPN  “Veteran” Jatim yang disampaikan, Jumat (19/4/2024).

Farmer meeting merupakan salah satu kegiatan promosi dengan melakukan pertemuan antar  petani maupun kelompok tani dengan tujuan memperkenalkan serta mempromosikan benih jagung  manis MADU -59 F1 kepada petani sekitar. Pada Selasa (5/3/2024) “Kegiatan farmer meeting dilakukan oleh mahasiswa magang mandiri UPN Veteran Jatim di salah satu rumah petani di  Dusun Lasah, Desa Tawangargo Kec. Karangploso dengan dihadiri oleh 16 petani” Ucap Damar  Prakoso, Salah satu Mahasiswa UPN “Veteran” Jatim.

Kamis, (22/2/2024) “Field trip atau temu lapang merupakan kegiatan promosi dengan  melakukan pertemuan antar petani di lahan langsung dengan tujuan memperkenalkan serta  mempromosikan benih jagung manis MADU -59 F1 kepada petani sekitar lahan tersebut. “ Field  trip telah dilakukan oleh mahasiswa magang mandiri UPN “ Veteran” Jatim di salah satu lahan  komersil petani di Desa Caru Kec. Karangploso dengan dihadiri 10 petani” Ucap Damar Prakoso,  Salah satu Mahasiswa UPN “Veteran” Jatim.

Kegiatan promosi yang dilaksanakan oleh Mahasiswa UPN “Veteran” Jatim disambut antusias  oleh para petani Karangploso, baik kegiatan One Day Promotion, Farmer Meeting dan Field Trip.  Promosi yang disertai dengan demonstrasi lapangan seperti Field trip ataupun Farmer Meeting dengan menjelaskan bukti nyata hasil panen dapat meningkatkan kepercayaan petani terhadap  benih jagung manis MADU -59 F1. “Umumnya petani-petani di Karangploso, Kab Malang  melihat hasil panen terlebih dahulu, sebelum berani untuk mencoba menanam benih jagung manis  jenis baru contohnya benih jagung manis MADU -59 F1” ujar Pak Supriyanto, salah satu petani  di Karangploso, Kab Malang. 

Kegiatan promosi yang dilakukan di Toko Pertanian yaitu One Day Promotion selain disambut  antusias oleh petani juga disambut baik oleh pemilik Toko Pertanian. “Kegiatan One Day  Promotion yang diadakan oleh Mahasiswa UPN “Veteran” Jatim sangat membantu penjualan  benih jagung manis MADU-59 F1 dan meningkat daya beli petani di Toko Pertanian Makmur  Sentosa, sehingga dengan adanya kegiatan One Day Promotion secara tidak langsung juga ikut  mempromosikan Toko Pertanian Makmur Sentosa” ujar Bu Manto, Pemilik Toko Pertanian  Makmur Sentosa.