Mahasiswa Ikuti Magang MSIB di PT. Pilihanmu Indonesia Jaya (Pilih Jurusan) Sebagai Marketing and Sales

Magang dan Studi Independen Merdeka Belajar (MSIB) Kampus Merdeka merupakan  salah satu program yang difasilitasi oleh Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan  Teknologi guna mempersiapkan mahasiswa untuk jenjang karir di masa yang akan datang.  Salah satu mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur, Fakultas Pertanian, Program Studi  Agribisnis yaitu Nabila Abidah Ardelia mengikuti kegiatan ini. 

Melalui program ini, mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan praktis di  industri yang relevan dengan bidang studi mereka, memperluas jaringan profesional, serta  meningkatkan kesiapan kerja mereka setelah lulus. Program MSIB memberikan kesempatan  emas bagi mahasiswa untuk belajar langsung dari para profesional, mengerjakan proyek nyata,  dan mendapatkan sertifikat yang diakui oleh industri. Inisiatif ini diharapkan dapat  menjembatani kesenjangan antara dunia akademis dan dunia kerja, serta menciptakan lulusan  yang lebih kompeten dan siap bersaing di pasar kerja global.

Indonesia diprediksi akan mengalami momentum bonus demografi atau ledakan jumlah  penduduk usia produktif pada tahun 2045 dan sekolah tingkat menengah sebagai jenjang  pertama menuju jenjang yang lebih tinggi menjadi salah satu bagian terpenting sebagai  penggerak pendidikan yang berorientasi pada penyiapan SDM yang siap memilih karier sesuai  dengan potensi diri siswa.

Fakta di lapangan bahwa terdapat 87% jumlah lulusan melanjutkan kuliah merasa salah  jurusan dan kesulitan dalam belajar dan terdapat 92% siswa SMA/SMK sederajat bingung dan  tidak tahu akan menjadi apa kedepannya. Hal tersebut biasanya terjadi karena biaya bimbingan  karier yang kurang terjangkau dan minimnya edukasi pentingnya mengenal diri sebelum  memilih jurusan/karier. Oleh karena itu, Pilih Jurusan hadir untuk membantu siswa/i mengenali  diri mereka sebelum menginjakkan kaki ke dunia perkuliahan/karir. 

Magang di Pilih Jurusan dengan posisi sebagai Marketing and Sales, memiliki tugas  untuk terjun ke sekolah-sekolah dengan jenjang SMP/SMA/SMK Sederajat. Hal tersebut untuk  mengajak setiap sekolah khususnya di wilayah Jabodetabek agar dapat berkolaborasi dengan  Pilih Jurusan dalam mengoptimalkan potensi siswa sedini mungkin untuk mengenali diri  mereka melalui aspek kepribadian, potensi dan minat melalui paket layanan yang kami miliki,  seperti layanan kuliah/karir dan pemetaan siswa.

Selain itu, Pilih Jurusan juga mengadakan beberapa event yang selaras dengan tujuan  dari perusahaan Pilih Jurusan yaitu ingin mendukung siswa/I untuk mengenali dirinya sebagai  tahp awal kesiapan memilih jurusan/karier di masa depan. Event yang telah diadakan oleh Pilih  Jurusan di MSIB Batch 6 ini seperti Campus Talk dengan mengundang narasumber yaitu Kak  Khalid dari Psikologi UNJ. Campus Talk yang mengangkat tema “Explore Your Interest”  memberikan gambaran kepada siswa/i SMP/SMA/SMK Sederajat tentang kehidupan  perkuliahan dan jurusan di perkuliahan yang diminati. 

Dengan demikian, melalui kegiatan program magang MSIB Batch 6 di Pilih Jurusan  nantinya siswa di Indonesia dapat terbekali untuk menentukan keputusan pada jenjang  selanjutnya, apakah siswa memiliki minat dan potensi pada keahlian tertentu untuk masuk ke perguruan tinggi atau menentukan karier yang dapat dipilihnya. Sehingga dapat meminimalisir  atau mengurangi persentase fakta di lapangan mengenai salah pilih jurusan saat jenjang  perkuliahan.