Mahasiswa Agribisnis Berhasil Mengimplementasikan Hasil Kegiatan Magang menjadi Peluang Bisnis

Malang, 20 Juni 2024 – Mahasiswa Agribisnis UPN “Veteran” Jawa Timur  telah menyelesaikan program magang di Qurata Academy pada periode 19 Februari  2024 hingga 19 Juni 2024. Selama masa magang, para mahasiswa ini berhasil  menciptakan berbagai peluang bisnis melalui digital marketing.

MBKM magang merupakan salah satu program berbasis “Merdeka Belajar Kampus Merdeka” dengan sistem magang di sebuah perusahaan yang memiliki banyak  manfaat bagi para mahasiswa yang berkontribusi di dalamnya. Program MBKM  magang mandiri juga merupakan jenis pembelajaran pengganti perkuliahan, terutama  sebagai seorang digital marketing di sebuah perusahaan yang ilmunya akan sangat  membantu ketika mereka lulus dan bekerja di sebuah perusahaan, baik dari soft skill maupun hard skill dalam mengelola proyek pemasaran. 

Qurota Academy merupakan mitra yang bekerjasama dengan Fakultas  Pertanian UPN “Veteran” Jawa Timur yang bergerak di bidang Pelatihan Kerja dan  Sertifikasi Digital Marketing. Program magang yang sudah dilakukan oleh Debora  Hutabarat dan Rama Sandy di Qurota Academy diantaranya mencakup fundamental  digital marketing, pengenalan projek, praktek pemasaran organik (content creation,  desain grafis, editing video, social media optimation, landing page creation, google  bisnis profile, ads, SEO dan marketplace optimation).

Setelah melaksanakan kegiatan magang di Qurota Academy Debora Hutabarat  dan Rama Sandy selaku mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur berhasil menemukan  peluang bisnis yang bergerak di sektor kecantikan. Produk yang menarik perhatian  mereka diantaranya shampo natural dan masker wajah alami. Namun, kedua produk  tersebut memiliki brand yang berbeda karena hendak mengoptimalkan masing-masing  produknya dengan maksimal melalui digital marketing. Adapun brand yang mereka  buat sebagai berikut:

1. ZOEY Shampo Natural

ZOEY Shampo Natural adalah formulasi shampo dengan menggunakan bahan bahan alami yang mengutamakan mutu dan berkualitas. Arti dari ZOEY sendiri adalah  kehidupan. Terinspirasi karena sangat menyukai produk shampo yang berbahan alami.  Harapannya ZOEY dapat menghadirkan makna kehidupan dengan sentuhan bahan bahan alami yang sehat untuk perawatan rambut. ZOEY memiliki 2 bentuk shampo  yaitu shampo cair natural dan shampo bar natural yang menyesuaikan dengan  segmentasi pasar.

Website ini dibuat untuk meningkatkan visibilitas dan keredibilitas dari ZOEY  Shampo Natural dengan situsnya https://bit.ly/zoeyshamponatural. Dalam  pembuatannya diperlukan pemahaman SEO (Search Engine Optimization) yang baik.  Tidak hanya website, ZOEY Shampo natural juga memiliki akun sosial media seperti  Instagram, Facebook dan WhatsApp Business dengan username @zoey.shampo  sebagai strategi pemasaran produk agar dapat menjangkau masyarakat luas.

2. BlissBright Facial Mask

BlissBright Facial Mask merupakan produk masker wajah yang dapat  membantu pengguna untuk mewujudkan wajah impian yang cerah, sehat, lembut, dan  bernutisi. Dirancang dengan menggunakan bahan-bahan alami yang berkualitas  BlissBright memiliki varian masker diantaranya Chamomile Facial Mask, Tomato  Facial Mask, Manuka & Paterseli Facial Mask, dan Cucumber Facial Mask. Dengan  berdirinya bisnis ini diharapkan pengguna dapat merasakan khasiat yang dimiliki oleh  produk buatan BlissBright Facial Mask.

Dalam upaya peningkatan engagement, BlissBright Facial Mask menjadikan  Instagram sebagai garda terdepan dalam pemasaran produk, pengoptimalisasinya  diperlukan pemahaman algoritma instagram yang baik dan pengalaman desain grafis  dan editing video yang baik pula. Tidak hanya instagram, BlissBright Facial Mask juga  memiliki akun media sosial lainnya seperti Facebook dan WhatsApp Business serta  memiliki Website sebagai strategi pemasaran produk agar dapat terjangkau oleh  masyarakat luas.

Program magang MBKM mandiri ini tidak hanya memberikan pengalaman  berharga bagi instansi terkait, tetapi juga memberikan dampak positif bagi  mahasiswanya. Dengan adanya peluang bisnis yang berhasil diciptakan oleh  mahasiswa magang harapannya dapat semakin berkembang dan menjadi brand lokal  yang besar. Keberhasilan program ini menjadi bukti bahwa hubungan antara institusi  pendidikan dan pemerintah daerah dapat menghasilkan inovasi yang bermanfaat bagi  masyarakat. Para mahasiswa berharap program serupa dapat terus berlanjut dan  memberikan dampak positif yang lebih besar di masa mendatang.

Kesuksesan program ini menjadi bukti bahwa hubungan antara institusi  pendidikan dan mitra magang dapat menghasilkan peluang bisnis yang bermanfaat bagi  masyarakat. Para mahasiswa berharap program serupa dapat terus berlanjut dan  memberikan dampak positif yang lebih besar di masa mendatang.