Siap Masuk Dunia Industri, 5 Mahasiswa Agribisnis UPN  Veteran Jawa Timur Ikuti Magang MBKM di PT Japfa  Comfeed Indonesia Tbk

Magang MBKM merupakan program khusus dan istimewa yang  diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2020. Program  ini bertujuan untuk memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk belajar dan  mengembangkan diri melalui aktivitas diluar kelas perkuliahan. Program yang  diikuti oleh ke 5 mahasiswa agribisnis upn ini merupakan program magang mandiri.  Dalam program magang mandiri, mahasiswa tidak perlu mengikuti seleksi di level  program dan langsung diseleksi oleh perusahaan atau mitra.

PT Japfa Comfeed Indonesia merupakan perusahaan agri-food terbesar di  tanah air yang berdiri sejak tahun 1975. Perusahaan ini merupakan industri FMCG  (Fast Moving Consumer Good) yang memiliki bisnis dari hulu ke hilir, mulai dari  pakan ternak, peternakan komersial, rumah pemotongan, dan produk olahan ternak  (sosis, susu, yogurt). Terdapat 14 pabrik yang tersebar di seluruh Indonesia, salah  satunya di Provinsi Jawa Timur. 

PT Japfa Comfeed Indonesia Unit Buduran, Sidoarjo merupakan salah satu  cabang perusahaan yang sudah bermitra dengan fakultas pertanian UPN Veteran  Jawa Timur. Terdapat beberapa departemen yang memberikan kesempatan bagi  pelajar dan mahasiswa yang ingin mengembangkan dan meningkatkan skill serta  potensi dalam dunia kerja, salah satunya Departemen Produksi Pakan Komersial.  Kelima mahasiswa dari Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian UPN  “Veteran” Jawa Timur berkesempatan untuk melaksanakan magang mandiri  MBKM pada Departemen Produksi Pakan Komersial. Kegiatan magang  dilaksanakan selama 4 bulan yang dimulai pada bulan Februari s/d Juni 2024.

Kegiatan magang diawali dengan pengenalan perusahaan dan departemen  produksi secara umum mengenai proses produksi dari bahan baku hingga produk  jadi sebagai gambaran awal bagi kelima mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan  magang pada PT. Japfa Comfeed Indonesia Unit Buduran, Sidoarjo. Pada kegiatan  ini, Bayu Eka Wiyanda, selaku Head Of Commercial Production Sub Dept. PT.  Japfa Comfeed Indonesia Tbk – Sidoarjo mengucapkan selamat datang dan selamat  belajar. “Kehadiran mahasiswa magang memberikan dampak positif dengan adanya  kegiatan magang diharapkan supervisor dan pelaksana di lapangan dapat berbagi  informasi kepada peserta magang sehingga memberi manfaat kepada sesama”  ucapnya. Selama kegiatan magang berlangsung, kelima mahasiswa melakukan  observasi dan wawancara untuk mengetahui kendala dan masalah yang ada pada  Departemen Produksi untuk diselesaikan oleh mahasiswa magang sebagai bentuk  kontribusi pada perusahaan. Dalam pelaksanaannya, kelima mahasiswa juga  dibantu oleh para tenaga kerja di Departemen Produksi dalam menyelesaikan  kendala dan masalah yang ada. 

Selain Departemen Produksi, kelima mahasiswa juga mengunjungi  departemen lain, seperti Departemen Gudang, Departemen HSE (Health Safety  Environment), Departemen QC (Quality Control), Departemen Silo Jagung,  Departemen Produksi Breeder, Departemen Teknik Listrik, serta Departemen  Penjualan. Kunjungan pada departemen lain bertujuan untuk mendapatkan  informasi mengenai alur kerja, kendala yang sedang dihadapi, dan tugas  departemen secara umum, sehingga dapat mengetahui keterkaitan antar  departemen. Selain melakukan observasi, kelima mahasiswa juga melakukan  kegiatan administrasi seperti menginput data dan menyusun dokumen. Kelima  mahasiswa juga ikut serta dalam pembuatan pupuk kompos dengan tujuan untuk  memanfaatkan produk yang afkir (tidak layak jual). Hal ini mendukung program SDGs (Sustainable Development Goals) karena mendorong inovasi dalam  pembuatan pupuk kompos untuk kelestarian lingkungan perusahaan.

Akhir kegiatan magang diharapkan menjadi jembatan ke 5 mahasiswa  dalam memasuki dunia industri. Manfaat yang didapatkan selama kegiatan magang  berlangsung antara lain dapat memberikan pengalaman dalam dunia kerja,  memperluas relasi, mengetahui lebih jauh tentang industri pakan ternak serta  meningkatkan keterampilan dalam bekerja. Sesuai dengan harapan yang  disampaikan oleh pembimbing lapang, Bapak Moh. Hidayatul Furqon selaku  supervisor produksi komersial “Untuk kelima mahasiswa jangan takut mencoba hal  baru. Diharapkan magang ini dapat menjadi bekal dalam menghadapi dunia kerja,  jangan bosan bosan untuk belajar karena apapun dapat menjadi pembelajaran.  Jangan sampai masalah di masa lalu dapat meredupkan jalan di masa depan”