Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) kembali memberikan peluang besar bagi mahasiswa untuk terjun langsung ke dunia industri. Program Magang Belajar – Kampus Merdeka merupakan program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang terdiri dari magang bersertifikat, studi independen, kampus mengajar, magang mandiri, dan lain-lain. Kali ini, sejumlah mahasiswa dari Program Studi Agribisnis, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, menjalani magang mandiri MBKM di CV. Otebe Smart. Program magang mandiri ini bertujuan untuk memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa dalam penerapan ilmu agribisnis. Selain mendapatkan pengalaman kerja, mahasiswa juga dapat memperluas jaringan profesional mereka.
Kegiatan magang mandiri ini dilaksanakan secara kolaboratif antara CV Otebe Smart dengan PT Kebun Sayur Surabaya sebagai mitranya, sekaligus tempat atau lokasi praktek mahasiswa magang. CV Otebe Smart merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi digital yang menyediakan berbagai layanan solusi digital seperti pembuatan aplikasi dan website. PT Kebun Sayur Surabaya adalah suatu unit usaha yang bergerak dalam budidaya hidroponik di tengah kota Surabaya. Usaha ini menawarkan sayuran segar berupa sayuran-sayuran jenis western dan oriental yang sangat jarang bisa dibeli atau ditemui di pasar konvensional serta berbagai produk olahannya. CV Otebe Smart menyediakan jasa bagi PT Kebun Sayur Surabaya salah satunya berupa website Kebunsayursurabaya.id guna menunjang pemasaran produk Kebun Sayur Surabaya secara digital. Website ini merupakan website yang berbentuk PWA (Progressive Web App) atau website yang juga bisa digunakan sebagai aplikasi sehingga akan memudahkan customer dalam pembelian produk.
Pemasaran digital merupakan bentuk kegiatan pemasaran atau promosi yang dilakukan oleh perusahaan terhadap produk dan layanannya dengan memanfaatkan platform dan teknologi digital. Pemasaran digital bertujuan untuk meningkatkan visibilitas, mencapai target yang tepat, serta meningkatkan penjualan produk. Adanya platform pemasaran secara digital juga bermanfaat bagi perusahaan untuk memberikan informasi terkait produk dan layanan yang ditawarkan kepada konsumen, menganalisis pasar secara real-time, serta memperluas jangkauan pasar sehingga berpotensi untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis. Saat ini, semakin banyak orang yang menggunakan media sosial atau internet untuk mencari informasi serta berbelanja untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Sehingga dengan memanfaatkan platform digital dapat menjadi kunci untuk mencapai pasar yang lebih luas serta meningkatkan keberhasilan bisnis. Bagi konsumen, dengan menggunakan platform digital memungkinan mereka untuk membuat keputusan pembelian yang lebih terinformasi sehingga dapat memudahkan mereka dalam pencarian barang sesuai dengan apa yang sedang dibutuhkan. Pemasaran digital yang dilakukan oleh PT. Kebun Sayur Surabaya adalah dengan menggunakan website serta sosial media yakni whatsapp, instagram, youtube dan tiktok. Peran kami dalam menggunakan sosial media antara lain membalas pesan pembelian yang masuk dari customers dengan cepat dan responsif, merancang serta menjadwalkan konten edukasi untuk diunggah pada sosial media, membuat postingan order harian, membuat video untuk diunggah pada platform youtube yang mana kegiatan tersebut bertujuan untuk membantu branding perusahaan dan meningkatkan engagement.
Kerjasama yang dilakukan antara CV. Otebe Smart dan PT. Kebun Sayur Surabaya adalah hadirnya website yang dimiliki oleh PT. Kebunsayur. Kami selaku peserta magang turut andil dalam kegiatan tersebut. Website yang ada ini dapat terhubung dengan aplikasi kebunsayursurabaya. Implementasi penggunaan website sendiri yaitu suatu proses pengembangan dan peluncuran website untuk memenuhi kebutuhan khusus pengguna atau bisnis. Kegiatan yang diimplementasikan dalam penggunaan website ini adalah menambahkan beberapa pilihan produk baru yang dimiliki oleh PT. Kebunsayur Surabaya. Dengan adanya penambahan inovasi produk baru ini dapat menarik minat konsumen lebih banyak lagi. Hal ini karena sesuai dari fungsi website, yaitu menyediakan platform online untuk berbagai keperluan seperti menyampaikan informasi, menawarkan produk atau layanan, berinteraksi dengan pengguna, mendukung transaksi e-commerce, serta mempromosikan konten atau merek. Website juga dapat dimanfaatkan untuk tujuan pendidikan, hiburan, komunikasi, dan pengelolaan komunitas. Kontribusi kami selain menambahkan produk baru, yaitu membuat video tutorial mengenai cara akses atau penggunaan website tersebut untuk memudahkan pengguna dalam mencari informasi mengenai PT. Kebunsayur Surabaya. Maka dari itu isi dari sebuah website ini dapat berubah seiring berjalannya waktu seperti menambah inovasi produk atau layanan-layanan dan informasi yang menarik dari suatu perusahaan tersebut.
Penulis : Kelompok 44 Agribisnis (Magang Mandiri – MBKM 2024), Khusnul Ikhriyah Nur Aini, Novi Kharisma Eka Putri, Cahyani Dwi Novianti, Aisyah Putri Andini – Mahasiswa Agribisnis UPN “Veteran” Jawa Timur.