Implementasikan Pemasaran Digital CV. Otebe Smart pada Kasus Kebun Sayur Surabaya

Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) kembali memberikan peluang besar  bagi mahasiswa untuk terjun langsung ke dunia industri. Program Magang Belajar – Kampus  Merdeka merupakan program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  yang terdiri dari magang bersertifikat, studi independen, kampus mengajar, magang mandiri,  dan lain-lain. Kali ini, sejumlah mahasiswa dari Program Studi Agribisnis, Universitas  Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, menjalani magang mandiri MBKM di CV.  Otebe Smart. Program magang mandiri ini bertujuan untuk memberikan pengalaman praktis  kepada mahasiswa dalam penerapan ilmu agribisnis. Selain mendapatkan pengalaman kerja,  mahasiswa juga dapat memperluas jaringan profesional mereka. 

Kegiatan magang mandiri ini dilaksanakan secara kolaboratif antara CV Otebe Smart dengan  PT Kebun Sayur Surabaya sebagai mitranya, sekaligus tempat atau lokasi praktek mahasiswa  magang. CV Otebe Smart merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi digital  yang menyediakan berbagai layanan solusi digital seperti pembuatan aplikasi dan website. PT  Kebun Sayur Surabaya adalah suatu unit usaha yang bergerak dalam budidaya hidroponik di  tengah kota Surabaya. Usaha ini menawarkan sayuran segar berupa sayuran-sayuran jenis  western dan oriental yang sangat jarang bisa dibeli atau ditemui di pasar konvensional serta  berbagai produk olahannya. CV Otebe Smart menyediakan jasa bagi PT Kebun Sayur Surabaya  salah satunya berupa website Kebunsayursurabaya.id guna menunjang pemasaran produk  Kebun Sayur Surabaya secara digital. Website ini merupakan website yang berbentuk PWA  (Progressive Web App) atau website yang juga bisa digunakan sebagai aplikasi sehingga akan  memudahkan customer dalam pembelian produk.

Pemasaran digital merupakan bentuk kegiatan pemasaran atau promosi yang dilakukan oleh  perusahaan terhadap produk dan layanannya dengan memanfaatkan platform dan teknologi  digital. Pemasaran digital bertujuan untuk meningkatkan visibilitas, mencapai target yang  tepat, serta meningkatkan penjualan produk. Adanya platform pemasaran secara digital juga  bermanfaat bagi perusahaan untuk memberikan informasi terkait produk dan layanan yang  ditawarkan kepada konsumen, menganalisis pasar secara real-time, serta memperluas jangkauan pasar sehingga berpotensi untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis. Saat ini,  semakin banyak orang yang menggunakan media sosial atau internet untuk mencari informasi  serta berbelanja untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Sehingga dengan  memanfaatkan platform digital dapat menjadi kunci untuk mencapai pasar yang lebih luas serta  meningkatkan keberhasilan bisnis. Bagi konsumen, dengan menggunakan platform digital  memungkinan mereka untuk membuat keputusan pembelian yang lebih terinformasi sehingga  dapat memudahkan mereka dalam pencarian barang sesuai dengan apa yang sedang  dibutuhkan. Pemasaran digital yang dilakukan oleh PT. Kebun Sayur Surabaya adalah dengan  menggunakan website serta sosial media yakni whatsapp, instagram, youtube dan tiktok. Peran  kami dalam menggunakan sosial media antara lain membalas pesan pembelian yang masuk  dari customers dengan cepat dan responsif, merancang serta menjadwalkan konten edukasi  untuk diunggah pada sosial media, membuat postingan order harian, membuat video untuk  diunggah pada platform youtube yang mana kegiatan tersebut bertujuan untuk membantu  branding perusahaan dan meningkatkan engagement.

Kerjasama yang dilakukan antara CV. Otebe Smart dan PT. Kebun Sayur Surabaya adalah  hadirnya website yang dimiliki oleh PT. Kebunsayur. Kami selaku peserta magang turut andil  dalam kegiatan tersebut. Website yang ada ini dapat terhubung dengan aplikasi  kebunsayursurabaya. Implementasi penggunaan website sendiri yaitu suatu proses  pengembangan dan peluncuran website untuk memenuhi kebutuhan khusus pengguna atau  bisnis. Kegiatan yang diimplementasikan dalam penggunaan website ini adalah menambahkan  beberapa pilihan produk baru yang dimiliki oleh PT. Kebunsayur Surabaya. Dengan adanya  penambahan inovasi produk baru ini dapat menarik minat konsumen lebih banyak lagi. Hal ini  karena sesuai dari fungsi website, yaitu menyediakan platform online untuk berbagai keperluan  seperti menyampaikan informasi, menawarkan produk atau layanan, berinteraksi dengan  pengguna, mendukung transaksi e-commerce, serta mempromosikan konten atau merek.  Website juga dapat dimanfaatkan untuk tujuan pendidikan, hiburan, komunikasi, dan  pengelolaan komunitas. Kontribusi kami selain menambahkan produk baru, yaitu membuat  video tutorial mengenai cara akses atau penggunaan website tersebut untuk memudahkan  pengguna dalam mencari informasi mengenai PT. Kebunsayur Surabaya. Maka dari itu isi dari  sebuah website ini dapat berubah seiring berjalannya waktu seperti menambah inovasi produk  atau layanan-layanan dan informasi yang menarik dari suatu perusahaan tersebut.

Penulis : Kelompok 44 Agribisnis (Magang Mandiri – MBKM 2024), Khusnul Ikhriyah Nur  Aini, Novi Kharisma Eka Putri, Cahyani Dwi Novianti, Aisyah Putri Andini – Mahasiswa  Agribisnis UPN “Veteran” Jawa Timur.