Magang MSIB Agribisnis di BTPN Syariah wilayah Banyuwangi sebagai Penggerak Pasar Daya dan Fasilitator Pendamping

Mahasiswa Agribisnis UPN Veteran Jawa Timur Ikuti magang MSIB di BTPN Syariah wilayah Banyuwangi sebagai Penggerak Pasar Daya dan Fasilitator Pendamping.

Magang dan Studi Independen Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MSIB MBKM) merupakan salah satu program yang difasilitasi oleh Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi guna mempersiapkan mahasiswa untuk karir dimasa yang akan datang. Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur ikut serta mengikuti kegiatan ini, yaitu dua mahasiswa dari Fakultas Pertanian, Program Studi Agribisnis, Aulia Maharani Setyowati Matseri dan Desita Syafa. Mereka berkesempatan mengikuti Program MSIB Batch 6 di Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Syariah wilayah Rogojampi dan Genteng, Banyuwangi. Program yang dijalani dimulai dari bulan Februari hingga Juni. Kami merasa melalui program tersebut memberikan banyak pengalaman dan pengetahuan seperti pemberdayaan UMKM, Public speaking, Profesionalitas kerja dan lainnya.

Magang di BTPN Syariah posisi penggerak pasar daya, memiliki tugas pemberdayaan dan pendampingan kepada para ibu – ibu pelaku UMKM yang termasuk dalam segmen Masyarakat prasejahtera. Selaku penggerak pasar daya, Aulia terjun langsung ke desa-desa sesuai penempatannya, yakni di Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi. Kegiatan yang dilakukan yaitu pemantauan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sekaligus memberdayakan pemasaran di desa – desa yang terletak dalam kawasan Kecamatan Rogojampi. Pemberdayaan pemasarannya dengan melakukan kurasi produk usaha, mewawancarai nasabah terkait usahanya, melakukan pengisian form kesedian mengikuti kegiatan lapak daya, mendokumentasikan serta mengambil video produk nasabah supaya hasilnya lebih proper untuk dipromosikan. Jadi tugas kita membantu dalam hal modal dengan pembiayaan syariah dari BTPN dan membantu memasarkan produknya melalui akun Instagram @pasar.daya dan Shopee yang dikelola oleh BTPN Syariah pusat. Selama mengikuti magang program bestee, Aulia berhasil mendampingi sebanyak 87 nasabah pelaku usaha nasabah BTPN Syariah.

Tugas dari Fasilitator Pendamping yaitu memberikan beberapa pengetahuan kepada nasabah Bank BTPN Syariah dengan tujuan memajukan usaha nasabah. Bank BTPN Syariah tersebut memiliki keunikan diantara bank yang lain karena seluruh nasabahnya merupakan perempuan dari keluarga prasejahtera. Adanya program ini diharapkan mahasiswa mampu untuk mendampingi dan membimbing nasabah agar usaha yang sedang dijalankan dapat berkembang lebih baik kedepannya. Program dari Bank BTPN Syariah ini memberikan kesempatan Desita untuk menyalurkan pengetahuan serta pengalaman yang didapatkan selama menemupuh Pendidikan di Program Studi Agribisnis. Selama mengikuti magang program tersebut, Desita berhasil mendampingi kurang lebih sebanyak 25 nasabah perempuan pelaku usaha.

Kami berharap melalui program Bestee BTPN Syariah dapat turut serta mengembangkan perekonomian warga khususnya nasabah BTPN Syariah wilayah Kecamatan Rogojampi dan Genteng dari sektor UMKM. Semoga semakin banyak keluarga yang mendapat permodalan dan edukasi pemasaran yang nantinya memberikan manfaat untuk warga disini dan bisa diajarkan ke anak cucunya nanti supaya bisnisnya berkembang.