Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur berhasil mengubah lahan kosong menjadi Taman TOGA

Desa Gedangan, Kabupaten Jombang salah satu desa yang dijadikan tempat melaksanakan KKN Tematik yang di tunjuk UPN “Veteran” Jawa Timur. Desa dengan terdiri dari 3 Dusun, yaitu Dusun Gedangan, Dusun Mojogeneng dan Dusun Rejosari. Perbatasan sebelah utara dengan Desa Menganti, Sebelah Selatan dengan Desa Gondek, Sebelah timur dengan Desa Mojojejer dan Sebelah Barat dengan Desa Jogoroto. Terkenal dengan Desa Penghasil Genting dan Batu Bata Terbesar di Jombang. Adapun program-program yang akan direncanakan oleh mahasiswa Kelompok 22 KKN-T UPN “Veteran” Jawa Timur yaitu Pembuatan Taman Toga, Bazar Ramadhan, Festival Gedangan, Program membantu desa, Program Calistung. Dengan adanya program tersebut semoga masyarakat bisa terbantu untuk meningkatkan perekonomiannya.

Gambar 1. Lahan sebelum diubah menjadi Taman

Dikarenakan melihat di daerah desa tidak adanya taman. Mahasiswa Jurusan Agribisnis yaitu Achmad Syaifulloh Putra dan anggota KKN kelompok 12 berinisiatif untuk membuat Taman Obat Keluarga yang di bantu oleh warga desa Gedangan. Dikarenakan warga desa banyak yang menanam tanaman obat keluarga. Oleh karena itu mahasiswa berinovasi untuk mengubah lahan kosong yang berada di sebelah Puskesmas pembantu Desa Gedangan mengubah menjadi Taman Obat Keluaraga yang indah dan segudang manfaat untuk warga.

Pembuatan taman hanya butuh waktu 1 bulan saja, di mulai awal April 2023 selesai pada 3 Mei 2023. Yang langsung di tinjau oleh Dinas Kesahatan Kabupaten Jombang. Dengan konsep taman yang ditanam kurang lebih 30 jenis tanaman toga salah satunya tanaman kunyit, temulawak, jahe, lengkuas, lidah buaya, bunga telang, dan masih banyak lagi. Selain memiliki keunggulan memiliki banyak jenis tanamannya. Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur menerapkan alat penyiraman otomatis. Cara kerjanya menanamkan sensor pedekteksi kelembapan tanah, apabila kelembapan tanahnya kering maka air akan otomatis nyala, sampai kelembapan tanah sudah cukup lembab maka penyiraman akan otomatis mati.

Gambar 3. Peninjauan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang

Penerapan Teknologi Tepat Guna di apresiasi oleh pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang. Dikarenakan salah satu inovasi baru yang bisa diterapkan oleh taman toga di desa lain. Pembuatan buku panduan tentang manfaat Tanaman Toga sudah mahasiswa buat agar di saat pengunjung mendatangi taman mereka akan mengetahui manfaat dari tanaman toga tersebut. Kepala Desa Gedangan berkata “ Semoga adanya Taman Toga ini, menjadi manfaat yang sangat luar biasa oleh warga desa dan sehingga pengobatan saat sakit tidak hanya melelui obat tetapi bisa menggunakan ramuan minuman obat keluarga“. Kami harapkan hal ini dapat berkelanjutan pada KKN periode selanjutnya karena taman ini sangan memiliki banyak manfaat untuk Desa Gedangan.

EnglishIndonesian