Penanaman Mangrove di Pantai Timur Surabaya Program Studi Agribisnis

Kepedulian terhadap lingkungan sekitar menjadi kewajiban dari seluruh lapisan masyarakat, termasuk kalangan akademisi khususnya mahasiswa dan dosen. Sebagai generasi penerus bangsa yang akan mewarisi lingkungan, maka mahasiswa perlu diperkenalkan pada usaha melestarikan lingkungan sekitar. Pengenalan mereka terhadap lingkungan dan pelestariannya dapat dimulai dari usaha untuk memperbaiki kerusakan lingkungan itu sendiri. Hingga saat ini telah banyak pihak yang melakukan penanaman mangrove di daerah-daerah pesisir.

Kegiatan dimulai dengan berkumpul terlebih dahulu mendengarkan penyuluhan mengenai kegiatan penanaman pohon. Penyuluhan yang diberikan meliputi tata cara penanaman pohon mangrove dan manfaat dari penanaman pohon-pohon tersebut serta informasi mengenai manfaat dari buah mangrove. Penyuluhan yang diberikan juga disertai dengan contoh langkah-langkah penanaman bibit pohon mangrove dengan cara yang tepat, sehingga mahasiswa dapat terjun langsung di lokasi penanaman dengan bekal bibit yang telah disediakan. Selesai mendengarkan pengarahan, kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan utama menuju lokasi penanaman yang ditempuh dengan berjalan kaki. Para peserta terlihat antusias dalam menanam bibit pohon tersebut dengan berusaha melakukan cara yang tepat menempatkan bibit pohon di tanah berlumpur sesuai arahan yang diberikan.

Kegiatan ini selain untuk mengenalkan dan memberikan pelatihan pada mahasiswa dalam berkontribusi secara langsung dalam menjaga lingkungan, juga ingin memberikan kontribusi pada masyarakat umum melalui kegiatan penanaman pohon mangrove juga pemanfaatan buah mangrove itu sendiri. Dengan kegiatan ini mahasiswa akan mendapatkan pengalaman yang melatih kemampuan mereka mengenali bibit pohon mangrove dan area yang tepat untuk pertumbuhan pohon mangrove. Mahasiswa mendapatkan pengetahuan baru mengenai lingkungan dan ekosistem yang terdapat di kota Surabaya khususnya daerah pantai. Pengetahuan tersebut diharapkan dapat menggugah kesadaran mereka akan berharganya alam dan ekosistem di sekitar kita.