Praktik Kerja Lapang di P4S Bumi Aji Sejahtera

Praktikum merupakan suatu pembelajaran dengan mahasiswa melakukan percobaan dengan mengalami sendiri sesuatu yang dipelajari. Praktikum lapang memiliki kelebihan tersendiri dengan metode pembelajaran yang lainnya, yaitu langsung memperoleh pengalaman dan keterampilan dengan permasalahan yang riil terjadi di masyarakat, mempertinggi partisipasi mahasiswa baik secara individu maupun kelompok, belajar berfikir melalui prinsip-prinsip metode ilmiah atau belajar mempraktikkan keilmuan yang telah diperoleh semala perkuliahan. Pembelajaran dengan praktikum sangat efektif untuk mencapai seluruh ranah pengetahuan secara bersamaan, antara lain melatih agar teori dapat diterapkan pada permasalahan yang nyata (kognitif), melatih perencanaan kegiatan secara mandiri (afektif), dan melatih penggunaan instrumen tertentu (psikomotor).

Pelaksanaan kegiatan praktikum lapang di P4S Bumi Aji Sejahtera berjalan dengan baik. Kegiatan diawali dari keberangkatan dari Fakultas Pertanian, UPN “Veteran” Jawa Timur. Secara pasti rombongan berangkat pada pukul 08.00 menuju lokasi. Pengarahan sebelum pemberangkatan dipimpin langsung oleh Ketua Jurusan Agribisnis, Dr. Ir. Sudiyarto, MM beserta Ketua Laboratorium Agribisnis, Ir. Sigit Dwi Nugroho, M.Si. Pengarahan dilakukan dengan harapan agar mahasiswa selama kegiatan praktikum lapang mampu memanfaatkan kegiatan ini sebagai peluang untuk menambah pengalaman dan wawasan dalam menunjang pembelajaran di bangku perkuliahan.

Dalam rangka memenuhi tuntutan, arus perubahan dan kebutuhan akan link and match dengan dunia usaha dan dunia industri, maka program kegiatan praktikum lapang yang dilakukan di P4S Bumi Aji diharapkan dapat menjadi salah satu jawaban atas tuntutan tersebut. Kegiatan ini memberikan banyak sekali dampak bagi mahasiswa baik dari segi pengetahuan dan pengalaman.

Notice: Please configure GTranslate from WP-Admin -> Settings -> GTranslate to see it in action.